Ada kejutan yang cukup unik hari ini. Berawal dari saya berkunjung ke sobat blogger saya yang sangat baik Irfan Handi. Sobat tersebut juga memposting tentang blognya yang telah berhasil masuk Page Rank Google, ga tanggung-tanggung,langsung PR 3 lho… hehe..

Nah, karena beberapa minggu yang lalu blog saya masih PR 0 alias belum masuk ranking, saya jd agak males ngcek lagi. Tapi saya pikir ga ada salahnya deh di coba lagi. Akhirnya saya coba cek, dan wow… hasilnya mengejutkan, blog yang sangat sederhana begini bisa dapat PR 2! Padahal blog ini baru sekitar 3 bulan mengudara…hehe.. dan jujur saja belakangan ini saya jarang update karena benar-benar sibuk di keseharian saya (bisa sobat lihat di arsip bulanan saya, bulan oktober kemarin dikit banget postingnya) .

Buat yang masih belum  tau apa itu Page Rank (PR) saya copaskan artikel berikut :

Menurut wikipedia, page rank (PR) didefinisikan sebuah algoritma ciptaan pendiri Google Larry Page dan Sergey Brin yang berfungsi menentukan seberapa penting atau seberapa populer sebuah situs di dunia maya.  Bagaimana rumus algoritma page rank itu?

Masih menurut wikipedia, algoritma page rank  dihitung dengan rumus seperti di bawah ini:

Algoritma PR(A) = (1-d) + d [(PR(T1) /C(T1) ) + … + ( PR(Tn)/ C(Tn)]

Rumus algoritma lain, PR(A) = (1-d)/N + d [(PR(T1) /C(T1) ) + …

                                                                + ( PR(Tn)/ C(Tn)]

* PR(A) adalah Pagerank halaman A

* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A

* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1

* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.

* N adalah jumlah keseluruhan halaman web yang terindex oleh google.

Dari rumus algoritma page rank ini, yang berpengaruh adalah page rank halaman yang mengacu ke halaman A dan jumlah link. Penjelasannya sebagai berikut:

  • Sebuah halaman akan diangap penting (memiliki page rank tinggi) jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut.
  • Sebuah halaman juga akan menjadi semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank) tinggi mengacu ke halaman tersebut.
  • Selain itu, dalam setiap halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link (link keuar) dari setiap halaman web.

Oleh karenanya, perhitungan page rank ini rekursif (berulang) dari ribuan, jutaan bahkan milyaran halaman web. Sebuah proses yang sangat besar dan rumit. Gak usah pusing dengan proses penghitungan page rank ini, Google sendiri yang menghitungnya kok:)

Skala Page rank

Setelah tahu definisi page rank, kita juga harus tahu sakala page rank. Page rank dihitung dengan skala 1-10. Semakin tinggi nilai PR berarti semakin bagus. Sebuah situs yang mempunyai page rank 9 akan diurutkan lebih dahulu dalam daftar pencarian Google daripada situs yang mempunyai page rank 8 dan kemudian seterusnya yang lebih kecil.

Saya mencoba mencari tahu page rank beberapa situs terkenal. Yang paling tinggi page rank-nya adalah Google yaitu 10, sementara Yahoo memiliki page rank 9. Blog ShoeMoney memiliki page rank 6, Kompas page rank 7, dan detiksport page rank-nya 6.  Salah satu blog gratisan orang Indonesia yang page rank-nya 5 adalah blog http://www.jurnalisme.wordpress.com.

Jadi, page rank adalah adalah algoritma yang dibuat google untuk menentukan seberapa penting atau populer sebuah situs (blog atau website). Fungsi lain page rank ini yaitu untuk mengurutkan situs di daftar pencarian google.

Berapa page rank blog atau web sobat? Silakan cek di www.prchecker.info. Seperti yang diatas saya tuliskan, blog saya baru mendapat PR 2 jadi masij perlu banyak melakukan peningkatan. Ada beberapa cara untuk meningkatkannya, salah satunya dengan bertukar link. karena banyak manfaat dengan bertukar link, salah satunya untuk meningkatkan outbound link yang merupakan salah satu faktor meningkatkan pagerank seperti penjelasan di atas. Terutama dengan blog atau web yang memiliki page rank tinggi. Nah, bagi sobat yang berkenan bertukar link dengan saya, silakan Ke sini🙂

Semoga bermanfaat ^___^

About kaiser777

seseorang yang terus berusaha mencari tahu akan segala hal dan senang berbagi

12 responses »

  1. Abed Saragih says:

    cuma mengabarkan bahwa saya udah pindah ke rumah baru mas bro…🙂

    Sekalian link saya diganti ya menjadi disave,,link mas bro juga udah saya pasang🙂

    Ditunggu kunjungan dan komentarnya🙂

  2. mas, tanya dong….
    emang kalo PR-nya udah oke trs apa yg bisa didapat sih? I mean, selain kepuasan pribadi ya. apa trs blognya bisa dipasangin iklan apa gimana?

    “Sebuah halaman akan diangap penting (memiliki page rank tinggi) jika halaman lain memiliki link ke halaman tersebut.”

    oh itu menjelaskan kenapa sampe ada spammer-spammer menyebalkan seperti yg pernah mampir ke blog gw.

    • kaiser777 says:

      hmm..utamanya memang kepuasan pribadi sih, seperti blog kita diakui google (sebagai rajanya internet sekarang). dengan demikian blog kita jadi lebih mudah “ditemukan” oleh orang lain. itu saja intinya. disamping itu bagi yng ingin mendapatkan uang dari blog or webnya, PR menjadi sangat penting karena bisa mendatangkan traffict ke web-blog kita. nah bagi para pemasang iklan, hal inilah yang paling penting, tentu mereka akan memasang iklan di blog/web yang “rame” kan ketimbang yg sepi:) singkatnya, PR = traffict = money (walau ga sesederhana ini sih sebenarnya dan tidak selalu demikian untuk menghasilkan uang). semuanya itu berbanding lurus. tentu saja kecuali bg blogger yg berniat publish blog hanya untuk kesenangan pribadi yg bersifat privat, PR menjadi tidak begitu penting untuk diperhatikan🙂
      mengenai spammer, bisa saja demikian.

  3. triwhy says:

    waaah..rumahnya di cat baru nih🙂
    ehm..tadinya saya juga dapat pr-2 tapi berhubung udah ganti url balik ke 0 lg deh😀
    SELAMAT YA DAPAT PR-2, TERUS BERKARYA !

  4. Una says:

    Wah baca rumusnya, nggak mudengo_O PR ku juga masih nol wkwkwk, sebelumnya N/A.

    Oya jangan sungkan berkomentar di blogku. Jujur aja aku ga suka pink, ada banyak alasan aku memakai warna pink untuk blogku, huehehehe…

    • kaiser777 says:

      saya jg ga terlalu ngerti sob🙂
      tapi ya let it flow saja, saatnya blog rame ya rame, klo saatnya sepi ya sepi🙂

      masalah komentar, ok deh, ga sungkan2 lg deh😀

  5. djakarta182 says:

    good luck broo.. akhirnya dapet juga hadiah dari om google sama spt blog saya.. PR 2

    good luck tetap semangat bro… happy blogging

  6. Mifta says:

    Emang kalo semakin tinggi PR semakin banyak pengunjung?

  7. danielerick says:

    Selamat gan, atas PR nya.. semoga bisa tambah Naik🙂

Setitik komentar, saran, masukan atau bahkan kritik Anda akan sangat mempengaruhi kelangsungan blog ini. Komentar Anda akan langsung muncul tanpa persetujuan saya terlebih dahulu demi kenyamanan Anda. Terima kasih sudah berkenan memberi komentar :)

