Selamat pagi sob🙂 pada kesempatan yang berharga di pagi yang cerah ini saya ingin share sejarah ringkas saja tentang julukan Uncle Sam (Paman Sam). Sobat pasti pernah (atau bahkan sering) mendengar istilah “Negeri/Negara Paman Sam”. Yup benar banget, itu adalah julukan untuk negara Amerika Serikat🙂

Nah, bagaimana amerika serikat bisa sampai dijuluki demikian? Berikut adalah sejarahnya. Cekidot🙂

Dahulu ada orang bernama Samuel Wilson. Ia dilahirkan di Arlington, tanggal 13 September 1766. Pada usia 14 tahun, ia menjadi sukarelawan pejuang bagi negaranya. Setelah dewasa, ia membuka usaha kemasan daging di New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.

Pada tahun 1812 jumlah barang untuk tentara dibeli di Troy, NY, oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintah. Barang diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson. Samuel Wilson sering dipanggil “Uncle Sam” oleh temannya. Setiap paket ditandai inisial E.A.-U.S. Pada saat dimintai arti inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA adalah Elbert Anderson dan US adalah Paman Sam yang seharusnya adalah United States. Jadi judul menjadi populer di kalangan para pekerja, tentara, dan orang-orang, dan Pemerintah Amerika Serikat sekarang dikenal sebagai “Paman Sam”

Kisah diatas akhirnya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast mengembangkan gambar tersebut dengan memberikan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang menciptakan citra Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal symbol nasional Amerika.

Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh teladan tentang seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu mendapat sebutan ‘Rumah Paman Sam.’ Akhirnya, nama Paman Sam secara resmi dipakai untuk julukan negara Amerika serikat hingga kini. Orang-orang Amerika sekarang bangga dengan julukan dan citra yang dimiliki Paman Sam.

Sumber

nah, semoga bermanfaat dan menambah wawasan sobat sekalian🙂

About kaiser777

seseorang yang terus berusaha mencari tahu akan segala hal dan senang berbagi

2 responses »

  1. oh gitu tohhh…. gw kirain asal muasalnya adalah dari nama panggilan salah satu bekas Presiden AS. sama kayak istilah ‘teddy bear’ untuk menyebut ‘boneka beruang’ yang diambil dari nama kecil salah satu bekas Presiden AS (Theodore Roosevelt = TEDDY)

Setitik komentar, saran, masukan atau bahkan kritik Anda akan sangat mempengaruhi kelangsungan blog ini. Komentar Anda akan langsung muncul tanpa persetujuan saya terlebih dahulu demi kenyamanan Anda. Terima kasih sudah berkenan memberi komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s