Oke, pada kesempatan yang berharga ini, saya memposting artikel tentang keunikan Jepang melanjutkan postingan saya di sini.

Nah silakan duduk manis, siapkan makanan dan cemilan karena artikel kali ini cukup panjang (lebay mode on). Tarik nafas dalam-dalam dan rileks saja, hehe… Sudah siap? Let’s cekidot🙂

  1. “sensei” artinya bukan “guru” , tapi merupakan sebuah panggilan ke beberapa profesi orang : guru, pengarang komik, dokter, pengacara, accountant terkenal, dll. kalo diliat dari kanjinya, kanji pertama “sen” artinya “duluan”, dan kanji kedua “sei” artinya “lahir”, jadi kalo di translate langsung artinya kira2 “lahir terlebih dulu”, dan kalo kita liat maknanya = orang yang mempunyai pengalaman/ilmu karena dia udah menuntut ilmu terlebih dulu daripada kita.
  2. anak SD wajib pake tas kotak (kayak yg dipake conan atau nobita) yang harganya mahal banget (satunya kira2 Rp.2.000.000-Rp.3.000.000). Umumnya yang cwo pake tas warna hitam, yang cwe tas warna merah.
  3. punya 3 kata pengganti untuk diri sendiri : watashi/watakushi (saya), boku (aku), ore (gw). watashi biasanya dipakai dalam hal2 formal, sedangkan boku dan ore bisa dipakai anytime ! bahkan ngomong sama nenek2 aja bisa pake ore (gw).
  4. cuma ada 2 lagu indonesia yang ada di karaoke jepang : “bengawan solo” dan “nona manis siapa yang punya”. itupun udah dirubah liriknya ke dalam bahasa jepang (sepengetahuan saya).
  5. kalo di indonesia, tv selalu penuh dengan acara gosip, kalo di jepang tv selalu penuh dengan acara lawak. Dan biasanya group lawak mereka hanya terdiri dari 1-3 orang. Dan gw jarang banget ketawa ngedenger lawakan mereka, sumpah ! andaikan komeng bisa bahasa jepang, gw suruh mereka blajar sama komeng dulu.
  6. pepsi di jepang punya rasa yang aneh : pepsi timun, pepsi kacang merah, dan pepsi shiso (shiso = daun perilla. daun yang punya wangi aneh, biasanya utk dicampur sama sushi).
  7. orang jepang sangat lemah terhadap makanan pedas. ini serius! jangan sekali2 bawa mereka ke restoran yang makanannya pedas2, bisa2 sakit selama 1-2 hari. tapi aturan ini gak berlaku bagi orang jepang yang hobby travelling dan punya jiwa adventure yg tinggi ya.
  8. semua ramen di jepang (mayoritas) pasti pake daging babi. jadi buat yang muslim, hati2 ya. mending kalo pengen mie pesen tempura udon dan makanan laut lain (yg cukup melimpah juga di jepang).
  9. orang jepang kalo ngasih oleh2 dikit banget. contohnya : misalnya gw beliin coklat 1 box yang isinya ada 50 biji, nah artinya gw bawain oleh2 itu untuk 50 orang (1 orang = 1 coklat). jadi kalo di kantor, misalnya ada orang yg baru pulang mudik, pasti ada acara bagi2 oleh2. tapi ironisnya ya gitu, paling cuma dapet 1-2 coklat / kue, hehe..
  10. toko baju paling murah di jepang = uniqlo. istilahnyanya ini adalah baju sejuta umatnya orang jepang. kalo gw beli baju disini, biasanya ga gw pake di 6 bulan pertama. setelah lewat 6 bulan baru gw pake. kalo begitu beli lsg gw pake, kmungkinan gw bisa nemu 5-10 orang make baju yang sama dalam 1 hari haha..
  11. selain pepsi (di atas) ada coklat dengan rasa aneh : rasa cabe, rasa wasabi (bumbu pedas), rasa kacang merah,  dll. Mau coba😀
  12. untuk memberikan sesuatu dengan sopan, orang jepang menggunakan kedua tangan mereka (bukan tangan kiri atau tangan kanan doang).
  13. cara penulisan angka 7 dan 9 mereka seragam (lihat gambar) angka 7 selalu ditulis persis seperti gambar, sementara garis terakhir dari angka 9 selalu dibuat tegak lurus.
  14. Komik(manga) bukan bacaan untuk anak-anak doang, bahkan sampe kakek2pun masih ada yang baca komik. Seperti yang saya share di sini.
  15. banyak bar dan cafe yang menyediakan meja tanpa tempat duduk, atau artinya kita harus berdiri doang disana. salah satu contohnya : bar ala jepang, beberapa cabang starbucks, coldstone.
  16. Kalo kita punya sebutan “kaki 1000″ untuk binatang yg mirip lipan dan bentuknya jijik itu, kalo orang jepang menyebutnya “mukade” atau “kaki 100″ (siapa yang benar hayoo.. hitung sendiri ya )
  17. brand2 produksi jepang yang terkenal di kalangan anak2 muda jepang : bathing ape (t-shirt), evisu (jeans), uniqlo (jaket2, t-shirt), mujirushi ryouhin (kemeja), beams (sweater, kemeja), united arrows (kemeja, jacket, t-shirt), madfoot (snickers), SHIPS (jecket), asics (snickers, sport shoes). bahkan mereka punya label sendiri untuk brand burberry, yaitu burberry blue label (utk cewek) dan burberry black label (untuk cowok). harganya lebih murah daripada burberry standard.
  18. Blackberry kurang populer di Jepang! mereka lebih pilih iPhone
  19. tes bahasa inggris yang populer adalah TOEIC (bukan TOEFL atau IELTS). sangat susah bagi mereka untuk tembus angka 700 poin, sementara temen2 indo gw di atas 800 smua, bahkan ada yang perfect (990 poin).
  20. harga senyuman = 0 yen, itulah yang tertera di menu mcd.
  21. selain senyuman pelayan mcd, barang gratis yang bisa kita dapetin disini adalah tissue dan kipas!! dibagiin di jalanan2 umum untuk promosi sebuah produk atau tempat tertentu (biasanya ada iklan yg di print di kipasnya atau di sebuah kertas yg diselipin di bungkus tissue).
  22. Orang jepang jarang memasang foto dirinya sendiri yg keliatan jelas di social networking atau blog.
  23. perceraian banyak terjadi di umur 50 ke atas (terutama setelah pensiun). faktor penyebabnya krn si suami biasanya terlalu konsen bekerja sehingga jarang ketemu istri. begitu pensiun, tiap hari ketemu istri, dan mulai terasa ketidakcocokan.
  24. adegan nganterin pacar sampe rumah ga berlaku di jepang! cukup nganterin sampe station. kalo perginya rame2, bahkan ga perlu dianterin sampe station, jadi si cewek jalan sampe station bareng temen2nya …
  25. “kokoro no tomo” yang konon di indonesia sangat terkenal, dan bahkan udah menjadi lagu jepang paling terkenal di indonesia, ternyata merupakan lagu yang sangat tidak terkenal di jepang. dari 20 org jepang yg gw tanya (usia 22-60 tahun), gak ada yang tau lagu itu.
  26. cara membuang sampah di jepang sangat ribet! tapi harus gw akui kalo mereka sangat sadar akan peraturan dan hidup dengan pola ramah lingkungan. contoh pembuangan sampah di daerah tempat tinggal gw : tempat sampah khusus utk sampah yg bisa dibakar, khusus untuk yang ga bisa dibakar, khusus untuk botol plastik, khusus untuk kaleng, khusus untuk beling, khusus untuk kain, dan khusus untuk sampah besar (lemari es, microwave, dll).
  27. satu-satunya penyanyi keturunan indonesia setau gw saat ini adalah lisa halim.
  28. orang jepang gak freak kayak japanese freak!! dalam arti, ga semua orang jepang suka sama anime, tokusatsu, manga, game, dll. so bagi orang indonesia yang mengaku japanese freak, tolong jangan kelewatan freaknya. japanese freak di indonesia lebih cocok dipanggil “otaku”/nerd, krn emang otaku di jepang hobbynya ya sama kayak japanese freak di indo (anime, tokusatsu, game, figure, manga, cosplay, etc). coba liat jepang jgn dari segi itu doang please, liat dari segi budaya lain.
  29. satuan mata uang jepang adalah yen. kalo kita liat kanjinya, arti “yen” sebenernya adalah “lingkaran”. alesan mereka memakai satuan yen (lingkaran) krn jaman dulu uang yang dipake adalah koin.
  30. orang jepang pikir lagu “nona manis siapa yang punya” sama dengan “rasa sayange”. lirik lagu-nya kayak gini jadinya : “nona manis siapa yang punya, nona manis siapa yang punya, nona manis siapa yang punya, rasa sayang, sayange .. ” , waakakakkaka! gw selalu ketawa tiap ngedenger lagu ini di karaoke. seenak2 jidatnya ngegabungin lagu🙂
  31. sebelum minum2 (alcohol), biasanya mereka ga makan dulu. jadi biasanya jam2 pergi minum2 kalo sama orang2 kantor biasanya jam 8 atau 9. nah kondisi perut masih kosong tuh, tapi begitu sampe langsung pesen bir (WAJIB!). mereka biasanya hanya pesen cemil2an kayak sate ayam (ala jepang), cumi goreng, dll. kalo udah kayak gini, pasti pulang2 perut masih laper dan dompet menderita, krn minimal 4000-5000 yen melayang.
  32. kalo tissue wc udah kita pake sampe habis, di gulungan terakhirnya ada tulisan “terima kasih banyak selalu menggunakan tissue ini!”. serasa ada orang dari perusahaan tissue wc-nya disebelah wc kita.
  33. yoshinoya, matsuya, sukiya, dan semua restoran yang belakangnya “ya” atau restoran2 yang biasanya hanya punya tempat duduk di counter, adalah restoran murah. jadi cewek2 jepang biasanya ogah dateng kesini. perhatiin deh jarang banget ada cewek jepang mampir ke restoran2 tipe kayak gini, mayoritas isinya cowok. kalopun ada cewek, biasanya orang asing haha…
  34. di jalan tol, ada pintu tol khusus untuk yg berlangganan kartu. jadi kalo kita punya kartu langganan ini, kita ga perlu berhenti di pintu tol. kita terobos aja pintu tol ini, ntar beberapa saat sblm kita nabrak penutup gerbangnya, pasti pintu nya kebuka sendiri. jadi cara bekerja pintu ini adalah dengan mendeteksi sensor kartu yang di taro di dalem mobil kita. kalo kita punya kartu ini, pintu gerbang itu akan otomatis terbuka.
  35. iklan les bahasa inggris bertebaran dimana2. bahkan sering ada iklan2 di tv yang ada di kereta dengan konsep “one point english lesson”, jadi disini kita akan diajarkan beberapa ekspresi bahasa inggris hanya dalam waktu sekitar 5 menit. dan setiap hari ekspresi yg diajarin diganti2.
  36. kalo seseorang memberikan kartu namanya ke kita, kita ga boleh masukin kartu itu ke dalam kantong / dompet selama orangnya masih ada di depan kita. jadi kalo posisi kita berdiri, ya pegangin terus deh tuh kartu. kalo posisi kita duduk, taro kartu namanya di meja. masukin kartu nama mereka ke dalam kantong / dompet = sesuatu yg sangat gak sopan.
  37. Terakhir, WC di Jepang luar biasa sob.. ada pancuran otomatisnya! blom lagi bisa nyetel kadar panas air yang disemprotin & kadar panas tempat duduknya. kayaknya wc yang ada di tempat gw itu termasuk tipe lama deh, soalnya kalo yang tipe baru ada pengeringnya + lampunya juga. trus ada juga yang bisa ngatur volume suara wc-nya hahaha, bener2 wc yang aneh. setau gw di beberapa tempat di indonesia juga udah ada sih yang pake, tapi masih jarang banget, mungkin krn harganya selangit kali ya. tapi di beberapa tempat, masih ada juga sih yang pake wc jongkok, walaupun di perkantoran & apartment rata2 skarang udah pake wc yang canggih itu..ohya di situ bisa semprot massage, jadinya pancuran airnya ada ritmenya trus muter2 haha….🙂

WC Tradisional:

WC Modern:

Sumber

Haha.. gimana sob? tertarik buat nyoba semua itu? Hehe saya rasa cukup sekian dulu ulasan tentang jepangnya, lain kesempatan lagi saya share kalo ada kesempatan lagi. Makanya pantau terus blog ini ya🙂

Semoga Bermanfaat ^__^

About kaiser777

seseorang yang terus berusaha mencari tahu akan segala hal dan senang berbagi

3 responses »

  1. […] Kaiser 7 (tukeran link) « IDM 6.07 Build 11 Jepang Unik (Part II) […]

  2. Wah artikelnya keren banget gan! Udah pernah ke jepang bagian mana aja?

    • kaiser777 says:

      terima kasih, sebenarnya saya jg blm pernah ke jpn ^^:
      itu semua saya rangkum dari berbagai pengalaman teman blogger saja, istilahnya cuma copas ^^:
      semoga bermanfaat🙂

Setitik komentar, saran, masukan atau bahkan kritik Anda akan sangat mempengaruhi kelangsungan blog ini. Komentar Anda akan langsung muncul tanpa persetujuan saya terlebih dahulu demi kenyamanan Anda. Terima kasih sudah berkenan memberi komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s