Sesuai dengan janji saya di sini, saya akan mengulas beberapa hal unik tentang Jepang🙂 materinya saya kumpulkan dari berbagai sumber, terutama dari salah satu sobat blogger di sini. Nah, selamat menikmati, silakan komentari kalau ada yang tidak sesuai dengan pengalaman sobat yang pernah ke Jepang ya🙂

  1. Les nyetir mobil di jepang punya harga yang selangit dibandingin negara lain. harga dari kelas awal sampai lulus tes sekitar 200 ribu yen bahkan lebih! (200ribu yen= sekitar Rp.20.000.000).
  2. orang jepang adalah orang yang susah untuk ngomong terus terang/to the point. misalnya kita tinggal disebuah apartment yang tetangga2nya adalah orang jepang, dan misalnya suatu hari kita masang musik keras2 di dalem kamar kita atau ngobrol + ketawa kenceng2 bareng temen2 kita, kemungkinan kita akan di tegor oleh tetangga kita karena berisik. tapi cara menegornya bukan dengan menelepon kita/mengetok pintu kita, tapi dengan cara menelepon polisi untuk nyamperin apartment kita atau dengan dengan membuat surat kaleng yang ditempel di depan pintu apartemen.
  3. kalo orang jepang bilang :“abis kerja gimana kalo kita ngopi2?“, artinya kita ga diajak minum kopi, tapi minum alkohol (sake atau bir).
  4. terdapat information center (gratis!) khusus untuk tempat-tempat mesum.
  5. orang kantoran gak pernah lepas dari jas ! dan kemeja daleman mereka biasanya berwarna putih, atau warna-warna soft. (jarang banget nemuin yg pake kemeja warna biru, hitam, ijo, kuning, dll). Dan buat jas-nya jarang banget yg pake warna coklat kecuali kakek2.
  6.  Di jepang, kita bisa ngeliat anak2 sma lengkap dengan seragamnya pada hari sabtu atau minggu ! alesannya mereka ikut pelajaran tambahan di hari libur disekolahnya ! gila gak tuh?
  7. banyak banget orang yang sering ngomong sendiri di kereta, atau di tempat2 umum lainnya (terutama Tokyo).
  8. untuk beli rokok di vending machine diperlukan sebuah kartu yang bernama taspo.
  9. orang bule di jepang bisa menjadi artis dadakan. Bisa tiba2 diajak foto sama cewek2  jepang ga dikenal , bisa tiba2 di cegat sama anak2 smp/sma yang lagi belajar bahasa inggris, dll.
  10. Orang jepang ga terlalu suka manis, terutama dalam hal teh dan kopi. kalo minum teh udah pasti minum ocha (teh jepang tanpa gula) dan kalo minum kopi mereka lebih cenderung milih black coffee (tanpa gula).
  11. topik basa basi paling standard di jepang adalah tentang cuaca. kalo nulis surat / email ke temen, biasanya cuaca wajib menjadi topik pertama. bahkan kalo ketemu orang yang ga terlalu akrab, kalo udah bingung mau ngomong apa pasti mereka ngomongin cuaca. misalnya : “akhir-akhir ini cuaca semakin dingin ya”, atau “udah seminggu ini hujan terus ya, kita harus jaga badan bener2 nih .. “, dll zzzz.
  12. Jepang, dimana kita bisa melihat iklan bintang-bintang porno di toko video/dvd yg dengan bangganya mempromosikan film mereka : “jangan lupa ya saksikan film terbaru saya.. “
  13. kita bisa melihat bapak2 ber-jas dan wanita karir lengkap dengan blazernya yang pergi ke kantor dengan menggunakan sepeda ! (sangat perlu dicontoh nih)
  14. banyak ibu2 atau bapak2 atau nenek2 yang bawa kereta bayi, tapi begitu diintip isinya ternyata anjing.
  15. kereta di jepang cuma beroperasi sampe jam 12 – stengah 1 malem. Jadi bagi orang yang ketinggalan kereta, biasanya capsule hotel, karaoke, restaurant 24 jam, menjadi pelarian mereka.
  16. cewek SMA roknya wajib diatas lutut! wohoo! (ehemm)
  17. toko baju bekas (second) bertebaran dimana2! ada toko yg bisa ngejual 1 baju cuma 100-300 yen (Rp.10.000-Rp.30.000), dan brand2nya banyak brand2 eropa juga kalo kita hoki. tapi kalo toko2 second di harajuku dll (biasanya utk merk fred perry, abrecrombie dsb) harganya bisa 5000 yen-an (Rp.500.000). oh ya dan disini banyak juga toko second utk barang2 branded (LV, gucci, dll), yang tadinya harganya 60ribu yen, bisa jadi 40ribu yen. jadi terbuka lah sudah misteri kenapa orang jepang banyak bgt koleksi barang brandednya.
  18. gak ada swear words yang bener2 kasar di bahasa jepang. bahasa terkasar mereka mungkin “bakayaro” = bego!, “kuso!”/”kusotare” = t*i!, “aho!” = t*lol, “busu” = buruk/ busuk! (khusus utk ngatain cewek yg gak cantik hehe), “kutabare” / “kutabacchimae” = mati aja lo! ..  ga sekasar bahasa kita dan bahasa asing (barat) laen kan ? hehe…
  19. selain ga bisa ngucapin huruf L (mereka biasanya ga ngerti beda L sama R), mereka juga ga bisa ngucapin “er”/ “ur”  dalam bahasa inggris (biasanya mereka lafalin “a”). misal : rider, bunyinya kalo diucapin orang jepang jadi “raida”,  hamburger jadi “hambaagaa”. makanya kalo ada yang suka nonton dragonball, ada tokoh yang namanya “frieza” kan ? padahal akira toriyama ngasih nama ke tokoh itu “freezer”, tapi krn dijepangin jadi “frieza” deh .. krik krik..
  20. buah di jepang harganya mahal banget!! hati2 bagi pecinta buah
  21. di sepanjang jalanan umum (jalan besar) pasti ada jalur khusus untuk orang buta. dan jalur ini gak putus2! (bener2 salut sama jepang).
  22. banyak penyanyi yg ga bakat nyanyi + dance tapi terkenal di jepang. contoh : ayumi hamasaki, morning musume, koda kumi, SMAP, arashi, dll. dan herannya disini boyband & girlband masih ngetrend banget, boyband & girlband baru terus bermunculan. kualitasnya ya tau sendiri lah.
  23. ada beberapa provider telpon di jepang (docomo, softbank, au, dll). yang bikin ga enaknya, dari satu provider ke provider laen ga bisa kirim sms! jadi kita harus kirim via email.
  24. pintu sebelah kiri belakang taxi buka/tutup secara otomatis. jadi kalo turun taxi jangan ditutup ya pintunya! biarin dia nutup sendiri, kalo ga si supir taxi kadang2 marah hehe.
  25. okinawa merupakan satu-satunya daerah di jepang yang punya bahasa yang sangat beda dengan bahasa jepang. sementara daerah lain bahasanya mirip2 sama bahasa jepang standard. jadi kalo gw jelasin ke mereka bahwa setiap daerah di indo tuh punya bahasa sendiri2 + kita bisa sama skali ga ngerti bahasa per-daerah, mereka ga ngerti maksud gw. sampe akhirnya gw ngejelasin kayak gini : “perasaannya sama kayak kalo lo denger orang okinawa ngomong !”, baru deh mereka ngerti hehe.
  26. sama kayak orang indonesia, mereka ga mengumbar kata “cinta“. jadi untuk menyatakan perasaan sayang mereka memakai kata “suka”. cinta bermakna lebih dalam dan dipake ketika udah menikah dll.
  27. taxi di jepang sangat mahal! dari bandara narita sampai ke daerah-daerah tokyo bisa menghabiskan 20ribu yen (Rp.2.000.000). tapi kita bisa bayar dengan credit card di taxi hehe..
  28. di zaman sekarang biasanya pemandian umum sudah terpisah antara cewek dan cowok, namun masih ada lho tempat pemandian umum campuran (cewek & cowok), walaupun kalo denger cerita2 katanya isinya rata2 nenek2 (mau coba? Hehe)
  29. banyak family restaurant yang memiliki sistem “all you can drink“. jadi kita ga bisa pesen 1 gelas coke, atau 1 cangkir teh. kita harus pesen all you can drink, dan bisa minum apa aja sepuas kita (hanya seharga 200 yen-an = Rp.20.000).
  30. SIM mereka mempunyai system poin. sekali melanggar peraturan lalu lintas bisa mengurangi 1-2 poin (tergantung kesalahannya). poin ini akan diperbaharui tiap 1 tahun sekali. artinya kalo sebelum 1 thn poin kita udah abis, kita ga boleh nyetir lagi sebelum kita ambil tes ulang menyetir!!
  31. dalam mengadakan pernikahan, orang jepang cuma ngundang 50-100 orang. dan masing2 tamu harus ngasih (WAJIB!) angpaw minimal 30ribu yen (Rp.3.000.000). makanya kalo ada 2-3 bahkan lebih temen yang menikah dalam 1 bulan, itu akan menjadi bencana bagi dompet orang yang kena undang.
  32. banyak es krim, puding dan cake dengan rasa aneh2. misalnya es krim kacang merah topping ubi, puding labu, dan cake kentang dengan toping ubi.
  33. bagi orang jepang, membaca tulisan alphabet perasaannya sama kayak kita kalo membaca/melihat kanji (bikin pusing)
  34. terdapat huruf braille untuk orang buta disegala tempat ! mulai dari station, kereta, jembatan, lampu merah, sampe ada banyak restoran yang nyediain menu khusus dengan huruf braille! ini patut di contoh sama Indonesia, pemerintah Jepang sangat memperhatikan penyandang cacat.
  35. orang2 jepang kalo lagi nelpon client/temenpun, badannya pasti ikutan membungkuk waktu ngomong “terima kasih” / minta maaf. dan semua orang yang udah tinggal cukup lama di jepang akan tertular virus ini, hehe..

yup, segini dulu, sisanya ntar lagi. saya masih merangkum hal-hal menarik lainnya🙂
Semoga Bermanfaat ^__^

yup, silakan baca sambungannya di Japan Part 2

About kaiser777

seseorang yang terus berusaha mencari tahu akan segala hal dan senang berbagi

6 responses »

  1. […] tau apa saja informasinya? Silakan cek ini. Hehe.. terima kasih. Semoga bermanfaat […]

  2. DeRie says:

    asik bro.. artikelnya.. kapan ya bisa main ke jepang…??
    pi yang gag enak kalo punya temen yang nikahannn wkwkwkwk🙂

  3. […] Teman Kaiser 7 (tukeran link) « Jepang Unik (Part I) […]

Setitik komentar, saran, masukan atau bahkan kritik Anda akan sangat mempengaruhi kelangsungan blog ini. Komentar Anda akan langsung muncul tanpa persetujuan saya terlebih dahulu demi kenyamanan Anda. Terima kasih sudah berkenan memberi komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s