Apakah sobat blogger pernah mengalami kerusakan sistem komputer karena virus?  Sebagian besar pemakai komputer saya rasa pastilah pernah mengalaminya. Cara umum yang digunakan untuk mengatasinya adalah dengan menginstal antivirus dan TERUS-MENERUS MENGUPDATE-nya. Sebagian orang mungkin tidak bisa mengupdate-nya atau bosan atau jenuh, atau malas mengupdatenya. Nah pada kesempatan yang berharga ini, saya ingin menawarkan solusi buat segala jenis gangguan sistem yang disebabkan oleh gangguan virus, atau karena human error yang bisa membuat sistem komputer kita (terutama windows) menjadi error, hang dan sebagainya. Caranya adalah dengan “membekukan” drive/disk tempat sistem komputer kita terinstal.

Misalkan kita menginstal Sistem Windows kita di drive/disk C (umumnya memang sistem di taruh di disk C) pada sebuah komputer. Nah, otomatis kerusakan yang terjadi adalah di dalam disk C ini bukan? Bayangkan kalau disk C ini kita bekukan. Sehingga disk C akan terlindungi dari segala macam kerusakan termasuk virus. Kira-kira begitulah gambaran fungsi software Deep freeze ini.

Sistem kerjanya adalah dengan membuat “ruang” disk C virtual untuk kita bekerja dengan sistem, dan “ruangan/space” ini tidaklah permanen, ketika komputer mati/shut down, ruangan ini juga akan hilang. Begitu pula ketika komputer kita hidupkan maka ruangan ini akan muncul lagi dengan bersih seperti semula sebelum kita aktifkan deep freeze. Jadi apa pun pebuatan kita di ruang tersebut tidak masalah, mau kita rusak, mau kita kasih virus, tidak masalah karena toh akan kembali seperti semula setelah kita restart🙂

Cara pakai software ini cukup simpel, kita tinggal instal dan nanti ada permintaan untuk memilih disk mana yang ingin kita bekukan (misalnya disk C), tinggal kita centang saja disk C. Setelah itu akan muncul icon beruang kutub (putih) di sebelah kanan taskbar, bila beruangnya bertanda silang merah berarti deep freeze dalam keadaan mati. Silakan double click pada icon itu, nanti akan muncul window yang berisi permintaan password. Bila kita belum mendaftarkan passwordnya maka pada pertama kali deep freeze akan meminta kita mendaftarkan (register) password kita. Setelah didaftarkan, maka password itulah yang akan digunakan untuk mengaktikan dan menonaktikan deep freeze terserbut.

Cara menginstal : double click pada isntallernya, masukkan key-nya jika diminta, kemudian pilih disk mana yang akan dibekukan. ingat, centang disk yang berisi system saja (misal disk C), jangan centang semua disk. Perhatikan label “volume to freeze” dibawah, sekali lagi saya ingatkan JANGAN CENTANG SEMUA DRIVE/DISK.

Cara mengaktifkan : double click pada icon deep freeze, pilih menu “boot freeze/frozen”, kemudian masukkan passwordnya, lalu OK, dan restart komputer sobat. Setelah hidup, maka komputer sobat sudah terlindungi oleh deep freeze.

Cara me-nonaktifkan : double click pada icon deep freeze, pilih mode “thawed on next” kemudian klik OK dan masukkan passwordnya, OK, kemudian restart komputer sobat. Setelah hidup, komputer sobat dalam keadaan tidak terlindungi.

Cara menguninstal : Deep Freeze tidak akan sobat temukan  di control panel atau daftar software yang terinstal. Karena itu tidak bisa di uninstal dengan cara biasa. Cara menguninstalnya adalah sama dengan menginstalnya. Yaitu dengan double click pada installernya. Oleh karena itu master/installer software ini jangan sampai hilang ya🙂

Warning:

  1. Jangan menyimpan/men-save file-file penting di disk yang dibekukan. Karena akan hilang setelah di restart. Misal drive C yang dibekukan, maka perhatikan bahwa “my Document” secara default ada pada drive ini, jadi jangan simpan data pada “my document” selama Deep Freeze aktif. My document sebenarnya bisa dipindahkan, silakan baca tutorial memindahkan My Documents.
  2. Jangan sampai lupa Passwordnya. Biasakan mencatat password, baik password akun atau keamanan apa saja pada sebuah note pad dan simpan dengan baik di beberapa tempat, misal di dalam flashdisk dan di dalam laptop/komputer kita masing-masing satu.
  3. Deep Freeze sangat cocok bagi komputer yang sering di utak-atik oleh “banyak tangan” alias komputer umum atau untuk komputer kantor, sekolah dan instansi lainnya.

Oke, saya rasa cukup penjelasannya. Silakan download Deep Freeze-nya di sini

Jika ada yang masih kurang jelas atau broken link silakan beri tahu saya ya🙂

Semoga bermanfaat ^___^

About kaiser777

seseorang yang terus berusaha mencari tahu akan segala hal dan senang berbagi

5 responses »

  1. BakulatZ says:

    Kunjungan Siang Sob,,,
    ‘n makasih Deep Freeze-nya.

  2. […] virus, beberapa waktu yang lalu saya menawarkan sebuah software untuk mengatasi itu semua, yaitu deep freeze. Pada kesempatan sebelumnya, saya sudah memposting artikel tutorial Deep Freeze yang berguna untuk […]

  3. […] sebelum menginstall software ini (thinstall), anda loindungi dulu komputer dengan Deep Freeze atau Wondershare Time Freeze. Karena dengan demikian sobat ga perlu repot-repot menguninstall […]

  4. deburhan says:

    penting bgt pakai deep freeze

Setitik komentar, saran, masukan atau bahkan kritik Anda akan sangat mempengaruhi kelangsungan blog ini. Komentar Anda akan langsung muncul tanpa persetujuan saya terlebih dahulu demi kenyamanan Anda. Terima kasih sudah berkenan memberi komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s