Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh..

pada kesempatan yang berharga ini saya ingin menyampaikan beberapa ungkapan-ungkapan yang umum kita dengar dari sebagian teman-teman muslim ^___^

Berikut saya berikan contoh percakapan sehari-hari yang lazim kita dengar.

“Assalaamu’alaikum akhi…..”

“Wa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakkatuh….”

“ Bagaimana keadaan antum hari ini..?”

“Khoir, alhamdulillah….syukran katsiran….”

“Akhi, antum sudah lama ngaji…?”

“Ana baru-baru aja kog akh, ‘afwan, antum kog tanya seperti itu kepada ana..?”

“Ngak, ana ngak punya maksud buruk kog akh, ana hanya ingin menggembirakan hati ana karena Allah ‘Azza wa Jalla telah memberikan hidayah-Nya kepada kita….”

Na’am akhi…ana juga bersyukur sekali Allah subhaanahu wa ta’ala masih memberikan kesempatan buat ana untuk meniti jalan Sunnah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam….”

“Ya…subhaanallah…semoga Allah meneguhkan diri antum dan diri ana agar terus diistiqomahkan diatas manhaj Salaf ini….”

Jazakallhu khoiran katsiiran ya akh…..”

Waiyyakum…”

Kita pasti sudah sering sekali mendengar kata-kata atau pembicaraan diatas bahkan tidak kita pungkiri kita sendiri juga pasti sering mengucapkannya. Ya, perwakilan sebagian kecil dari kata-kata diatas ini sering terucap oleh kita yang sudah mengaji karena baiknya perkataan-perkataan ini dibandingkan dulu (sebelum kita mengaji) dimana kita sering mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas keluar dari mulut seorang muslim. Namun jika kita teliti lebih jauh saat kita sudah terbiasa mengucapkan kata-kata yang  baik seperti perkataan yang digarisbawahi diatas, yang kemudian apabila jika ditanya oleh orang lain, “apa artinya…?…apa maknanya…?…apa maksudnya…?…dan yang lain…” Kitapun diam beribu bahasa (karena baru mengaji terus kita belum mengilmui arti dan makna kata-kata itu [semoga Allah memudahkan kita untuk memahaminya] ) karena tidak mengetahui artinya….Duuh, malu juga kalau ngak tahu artinya, padahal sering diucapkan…..

Sengaja saya memaparkan masalah kecil ini untuk kemaslahatan buat kita semua agar lebih menguasai dan memahami arti dan makna-makna kata-kata yang ahsan diatas itu. Diantaranya sedikit arti dari kata-kata baik itu adalah ;

‘Azza wa Jalla : Maha Mulia dan Maha Agung.

Shallallahu ‘alaihi wasallam : Semoga Allah senantiasa melimpahkan shalawat dan salam sejahtera kepada beliau.

Subhanahu wa Subhanahu wa Ta’ala : Maha suci Allah dan Maha tinggi.

Subhanallah : Maha suci Allah.

Subhanahu wa Ta’ala : Maha Tinggi.

Ana : Saya

Antum : Anda/Saudara

Akhi : Saudara (laki-laki)

Ukhti : Saudara (Perempuan)

Khoir : baik

Afwan : maaf

Syukran / syukran katsiran : terima kasih / terima kasih banyak

Na’am : benar, Ya

Waiyyakum : untukmu pula

Wallahu a’ lam bishshowab : hanya Allah saja yang lebih tahu kebenarannya

Jazakallahu/Jazakumullah khoiran katsiran : semoga Allah memberikan balasan lebih baik dan lebih banyak kepada Anda.

Barakallahu fikum : Semoga Allah memberikan keberkahan atas dirimu.

Fadhal / tafadhol : silahkan / boleh

 

Dan masih banyak lagi kata-kata yang baik yang sering kita ucapkan sehari-harinya. Karena keterbatasan ilmu dan pengetahuan dari diri ana, semoga Allah menambahkan ilmu dan pemahaman yang shahih kepada kita semuanya dan semoga kita semakin gemar untuk mengucapkan kata-kata yang baik serta mengetahui makna dan artinya.

Wallahu a’lam bishshowab……  (Abu Ahmad Fadhillah Al Binjy)

saya kutip dari http://syabaabussunnah.wordpress.com/ dengan sedikit editan dan tambahan dari saya pribadi :)

nah, demikian Islam mengatur sala/perkatan/ucapan dengan saling mendoakan dengan kata-kata yang baik, jadi tidak ada salahnya bagi kita dan sobat muslim sekalian untuk terbiasa menggunakannya, minimal kita mengetahui artinya.

Bagi saya, ucapan-ucapan diatas lebih bagus ketimbang ucapan “selamat…” karena ucapan-ucapan di atas mengandung doa. Dan sudah selayaknya sesama muslim yang notabene bersaudara satu sama lain salaing mendoakan setiap bertemu atau menyapa bukan? :)

Semoga bermanfaat :)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh.

 

About these ads

About kaiser777

seseorang yang terus berusaha mencari tahu akan segala hal dan senang berbagi

5 responses »

  1. dianty says:

    tapii,, emank mesti kearab2an ya biar jadi islami?

    • kaiser777 says:

      ga mesti kearab2an lah.. jgn liat bahasa mana yg dipake tp liat artinya..
      Islam khas dengan ungkapan salam yg saling mendoakan, bukan hanya “happy blabla” atau “selamat ultah blabla”. di sanalah keindahan Islam, ketika bertemu, berpisah atau yg lainnya saling berbalas2an mendoakan.

  2. ijin share di wordpress ane :)

  3. Reblogged this on rahmadiranggayo and commented:
    Salam dan Ungkapan Islami Sehari-hari

Setitik komentar, saran, masukan atau bahkan kritik Anda akan sangat mempengaruhi kelangsungan blog ini. Komentar Anda akan langsung muncul tanpa persetujuan saya terlebih dahulu demi kenyamanan Anda. Terima kasih sudah berkenan memberi komentar :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s